Friday 27 February 2009

Bagaimana Mengatur Waktu Untuk Blog Anda

Pernahkah anda merasa kelelahan ketika pertama kali membangun blog anda? anda telah meluangkan waktu begitu banyak, bahkan tidak jarang mengorbankan waktu berharga anda bersama keluarga. Tidak jarang orang-orang yang baru pertama kali membangun blog mereka akan berkonsentrasi untuk mendatangkan traffik, menulis untuk konten blog, mempromosikan blog, mengatur desain yang menarik untuk blog, dan lain-lain.

Untuk anda yang memiliki waktu kosong yang banyak memang hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun bagaimana jika anda sambil bekerja, atau kuliah, atau usaha offline yang juga anda jalankan, bisa anda bayangkan akan padat sekali kegiatan anda…dan waktu kualitas anda bersama keluarga atau teman atau mungkin pasangan anda akan hilang…

Saya akan sedikit share kepada anda bagaimana mengatur waktu agar semua kegiatan offline anda tidak mengganggu aktifitas blogging…

  1. Usahakan membuat jadwal harian
    Kehidupan yang teratur dan terarah jelas lebih enak untuk anda menjalankannya dari pada anda membiarkan saja waktu terbuang begitu saja. Sebenarnya terkadang kita sendiri tidak tahu harus melakukan apa ketika setiap detik jam berubah dari jam yang satu ke jam-jam berikutnya. Inilah fungsi jadwal harian, adalah sebagai guide anda dalam setiap kegiatan anda.
  2. Skala prioritas setiap kegiatan anda
    Dalam pembuatan jadwal harian, anda harus memprioritaskan kegiatan mana yang perlu anda lakukan terlebih dahulu, dan mana kegiatan yang bisa anda kerjakan nanti.
  3. Sisipkan kegiatan blogging anda dalam waktu yang tidak ada seorangpun bisa mengganggu anda.
    Memang ketika anda baru pertama kali membangun blog, anda akan berpikir bahwa nge-blog hanya sebagai kegiatan pelengkap anda…karena anda belum mendapatkan penghasilan yang stabil dari blog anda…namun saya sarankan agar anda dapat menghasilkan uang dari blog anda dalam waktu yang singkat…anda harus berkorban fisik, tenaga dan otak anda…anda harus rela meluangkan waktu walau hanya 1 jam, karena jika anda konsisten belajar tiap hari (misal 1 jam) saya yakin anda bisa menuju tahap berikutnya.
  4. Jaga agar jadwal anda berjalan sesuai dengan ketentuan
    Anda harus menjaga jadwal yang telah anda buat. Fokus akan sangat mempengaruhi hasil kerja anda. Karena anda baru pertama kali belajar blog, anda cukup fokus pada bagaimana mencari ide, membuat konten, mempublish (mengenalkan) blog anda, dan sedikit demi sedikit tingkatkan kemampuan teknis anda

Masuk ke dunia bisnis online itu tidak mudah, namun juga tidak sulit…jika anda telah memetakan apa yang akan anda lakukan. Jangan pernah berhenti belajar, terus semangat tambah ilmu anda setiap hari dalam 1 jam yang telah anda luangkan.

Fokuskan diri anda bahwa segala sesuatu yang sekarang hanya menjadi mimpi, maka akan menjadi sebuah kenyataan yang tentunya akan membuat anda tersenyum nantinya….

bagaimana ? tinggalkan komentar anda…jika anda punya tips mengatur waktu untuk blogging….


Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008