Thursday 12 March 2009

Bagaimana Cara Menyusun Kamus Istilah di wordpress ?

Posting ini berisi catatan desain wordpress yg seminggu lalu telah sy lakukan. Sekarang pada bagian header, ada link Glossary. Link ini merujuk pada salah satu tag pada blog ini. Secara makna harfiah, arti glossary adalah kamus istilah. Nantinya, akan diisi term, jargon, dan analogi yg rutin digunakan blog ini.

Pembukaan

Secara default alias dari sono-nye, Tag, kategori, dan seluruh posting pada blog wordpress itu diurut tidak alphabet layaknya sebuah kamus. Posting tertua tanggal penerbitan-nya adalah yang paling atas. Jadi, seandainya belum diotak-atik, halaman depan blog akan diisi posting terbaru. Sementara tag Glossary, diubah agar tidak mengikuti kelaziman barusan. Setelah diotak-atik, sekarang tag tsb diurut berdasarkan sistem alpahabet tanpa memandang tanggal penerbitan.

Hasil Hacking

Cara menyusunnya sederhana tinggal memasukkan snippet berikut pada archive.php sebelum looping

echo “

” . “$tagvariabel” . “

” ;

if ($tagvariabel==”Glossary”) {

echo “
Disusun secara Alphabet”;

query_posts($query_string . “&orderby=title&order=ASC”);

} ?>

Penutup

Heheeh semoga sedikit hasil hack wordpress sy ini berguna. Dan sy rasa akan bermanfaat sekali apabila kamu sedang menyusun blog yg dipenuhi isitlah teknis yg harus dijelaskan agar tidak menyebabkan kesalahan interpretasi atau mabok istilah.


Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008