Thursday 12 March 2009

3 Jenis Wordpress

Posting ini cuma intermezzo, selingan posting. Isinya mengenai 3 jenis wordpress. Setiap versi wordpress didesain untuk melakukan 3 hal berbeda. Setiap versi wordpress dikembangkan dengan baik, mencapai suatu tahap dimana kita sebagai pengguna bisa tersenyum lebar.

WordPress.com

WordPress.com itu sangat mudah digunakan. Wordpress.com itu berupa hosting blog yg bisa menambung banyak blogger. Kita dimudahkan menulis artikel, memberi komentar, dan banyak hal menarik lainnya. Wp ini adalah wordpress paling populer dan bisa didapatkan secara gratis. Memang wp ini tidak memberi hak mengeit apapun. Kita cuma diijinkan mengotak atik widget. Kita juga tidak boleh install plugin wordpress ataupun mengedit template default yg disediakan. Jadi, bisa dikatakan kalau versi ini adalah bentuk wordpress pemula.

WordPress.org

WordPress.org adalah bentuk wordpress yg self hosting (engine blog dihosting pada server dan domain tersendiri). Guna plugin dan edit custom template atau theme bisa optimal di wordpress.org. Kita bisa mengerti HTML, PHP, dan segala bahasa scripting web development. Sebaiknya, hanya mereka yg mengerti bidang web desig custom wordpress saja yg meng-guna-kan form wordpress ini. btw, bakawan.com adalah self hosted blog Wordpress.org.

WordPress MU

WordPress MU adalah singkatan dari Wordpress Multi User. Artinya, dengan mendownload engine wordpress MU ke server, maka kita bisa mengurus jutaan blog dan menjadi bloghost (website penyedia layanan blogging). Sebaiknya, kita sudah terbiasa dengan wordpress single user bila hendak memiliki wp ini.

Catatan Penulis

Hmm setelah membandingkat dan bertanya ke kanan dan ke kiri hehehe sumpah berlebihan, kesimpulan yg diambil adalah ketiga bentuk worpress ini memiliki fungsi dan target pengguna sendiri.

  1. Wordpress.com itu bagus bagi para pemula yg baru memasuki dunia blogging.
  2. Wordpress.org itu khusus bagi mereka yg memiliki pengetahui web design. Wordpress.org memberi ruang luas customisasi. Kita bisa mengedit layout dan juga meng-hack engine wordpress.
  3. Wordpress MU itu bagus bagi mereka yg biasa mengurus banyak blog. Jenis ini lebih cocok bagi problogger, blogger professional, yg mencari pendapatan online melalui blogging.

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008