Wednesday 9 February 2011

CARA-CARA MENGAMANKAN JARINGAN KOMPUTER

Keamanan PC - Firewall yang Sempurna
Yang baik silahkan masuk, yang jahat tinggal di luar. Itu fungsi utama firewall. Di sini CHIP akan menunjukkan bagaimana melatih firewall Anda agar dapat membedakan yang baik dan yang buruk.

Ingin tahu bagaimana cara melindungi PC Anda terhadap serangan dari Internet dengan tingkat keamanan 100%? Jawaban yang sejujurnya? Cabut saja kabel jaringan Anda! Hanya saja, Anda tidak lagi dapat berselancar dan melakukan aktivitas serupa lainnya. Jadi, pasang kembali kabel jaringan Anda dan instalasikan sebuah firewall. Tidak 100% aman, tetapi jauh lebih aman dibandingkan tanpa firewall.

Pengguna yang tak ingin repot seringkali mengandalkan Windows XP dengan firewall yang diaktifkan—itu saja. Ini sebuah kesalahan besar! Jika setelah instalasi Anda tidak lagi memperhatikan firewall-dengan firewall Windows atau apa pun-PC Anda tetap dapat menjadi sasaran trik-trik jahat hacker.

Ada berbagai cara untuk mengamankan PC Anda. Sayangnya, tidak ada solusi 'one click' untuk itu. Firewall dengan konfigurasi yang sempurna menjanjikan keamanan tingkat tinggi dan tidak akan merepotkan Anda di kemudian hari. Bagaimana caranya, CHIP akan menjelaskannya dalam artikel ini. Di sini digunakan Sygate Personal Firewall 5.6 yang tersedia di CHIP-DVD. Konfigurasi firewall lainnya tidak jauh berbeda.

Workshop yang CHIP uraikan ini akan mengamankan sistem Anda dalam 3 tingkatan. Tingkat pertama adalah dengan mengoptimalkan setting dasar agar PC Anda memiliki faktor proteksi 80%. Pada tingkat kedua dengan faktor proteksi 90%, digunakan filter-filter khusus untuk memblokir hacker. Dengan aturan-aturan profesional tingkat ketiga, Anda mendapatkan keamanan hingga 99%. Tak ada cara apa pun yang mampu menjamin keamanan secara 100%.

Untuk menyempurnakan perlindungan PC Anda, CHIP juga akan menunjukkan bagaimana cara membedakan peringatan atas adanya serangan web—false alarm atau kondisi bahaya yang sebenarnya. Tentu saja akan dijelaskan pula tindakan apa yang harus diambil ketika mendapat serangan.

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008